Rabu, 30 Januari 2013

PEMBUATAN BIHUN JAGUNG



           Jagung merupakan komoditas yang mempunyai banyak manfaat dan baik untuk kesehatan. Jagung dapat diolah menjadi berbagai produk olahan diantaranya menjadi bihun jagung. Bihun yang ada dipasaran mempunyai tekstur yang halus dan mudah hancur, karena terbuat dari tepung beras dan sedikit campuran tepung lain.
            Jagung yang digunakan untuk pembuatan bihun jagung adalah jenis jagung unggul (hibrida) yang hasilnya lebih mengembang dari pada bihun beras. Proses pengolahanya harus higienis dari awal sampai akhir. Bihun jagung diproses dari pati jagung murni 100% hanya sedikit ditambahkan dengan air sehingga hasilnya lebih kenyal dari bihun beras, pembuatanya tidak menggunakan zat pengawet dan zat lilin sehingga aman untuk dikonsumsi.

            BIHUN JAGUNG
BAHAN:
Ø Jagung
Ø Sodium metabisulfit
CARA MEMBUAT:
1.  Jagung dibersihkan untuk membuang kotoran, setelah itu dicuci hingga bersih.
2.  Jagung dimasukan dalam wadah, direndam dengan air yang telah diberi sodium metabisulfit 1 ppm (1 gram sodium metabisulfit untuk 1 liter air). Selama perendaman air diganti berulang-ulang. Lama perendaman adalah 1 hari. Setelah perendaman, jagung ditiriskan.
3.  Jagung digiling dengan penggiling sambil ditambah air.
4.  Untuk 1 kg jagung. Hasil penggilingan adalah bubur jagung encer/cair.
5.  Bubur jagung diperas, hasil pemerasan berupa padatan basah yang dinamakan cake.Cake digiling menjadi lebih halus, hasil gilingan disebut pelet.
6.  Pelet dikukus dengan suhu 100 derajat celcius selama 30 jam sehingga diperoleh pelet matang. Pelet matang digiling kembali dengan menggunakan screw extruder. Tempat pengeluaran pada extruder berupa lubang kecil sehingga bahan keluar dari extruder berupa benang yang disebut bihun basah.
7.  Bihun basah dipotong, kemudian disusun diatas wadah selanjutnya dikukus pada suhu diatas 100 derajat celcius selama 20 menit.
8.  Setelah pengukusan, bihun basah dijemur sampai kering
9.  Bihun yang kering bersiafat rapuh sehingga mudah dipatahkan.
10. Bihun kering siap dikemas dengan kantung plastik.


Resep telah diuji oleh:
PRODI TATA BOGA JURUSAN FT UNM

5 komentar:

Unknown mengatakan...

pakai mesin di toko mesin itu bisa kan ya gan? :D

Unknown mengatakan...

bagi yang berminat menjadi pengusaha bihun jagung atau ubi berskala home industri dan proses pembuatan yang praktis,cepat dan menguntungkan,CV.KREATIF PANGAN ,menyediakan mesin pembuatan bihun jagung atau ubi,untuk informasi lanjut kunjungi http://pengusahabihun.blogspot.co.id/

Unknown mengatakan...

Informasi alamat lengkap cv.kreatif pangan dimana?

ardha mengatakan...

saya ingin membuat usaha bihun jagung tapi belum tahu cara membuatnya,kalau saya beli mesin di situ saya di kasih tahu cara bikinnya ndak?

Unknown mengatakan...

apakah dicampur terigu

Posting Komentar