Senin, 14 Mei 2012

Gubuk Baru, Harapan Baru Petani....


Hubungan kemitraan dengan pihak ke tiga diantaranya bisa perusahaan penyedia benih, atau perusahaan-perusahaan lain penyedia saprodi lainnya ,Penting bagi kelompok tani , gapoktan pada umumnya dan petani pada khususnya. Hal ini dibuktikan pada gapoktan Tani Mulyo Desa Pakel Kecamatan Ngantru.
Pada hari Rabu tanggal 09 Mei 2012 telah diresmikan gubuk pertemuan petani yang mana bantuan ini merupakan bagian dari program internasional Pioneer Grand. Acara pada hari itu dikemas dalam Big Farmers Meeting yang dihadiri oleh Mitra Andalan Pioneer (MAP) yaitu petani –petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gapoktan yang telah lama bermitra dengan pioneer itu sendiri dan juga dinas terkait dalam hal ini para penyuluh pertanian kecamatan Ngantru beserta Mantri Tani Kecamatan Ngantru dan POPT, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, serta perwakilan dari gapoktan seluruh desa di Kecamatan Ngantru.

Gubuk pertemuan ini bisa didapatkan oleh gapoktan Tani Mulyo Desa Pakel, pada awalnya gapoktan mengirimkan proposal pengajuan bantuan kepada PT. Dupont ,disamping itu karena hubungan baik kemitraan antara gapoktan Tani Mulyo dengan PT.Dupont yang sudah terjalin sangat baik dan telah bertahun-tahun.  Pihak Dupont menseleksi proposal tersebut , karena yang ikut dalam program pioneer grant ini tidak hanya gapoktan Desa Pakel, tapi MAP dari seluruh Indonesia bahkan mungkin di seluruh Dunia yang merupakan daerah pemasaran dari PT. Dupont itu sendiri. Tetapi pada akhirnya di Kab.Tulungagung Gubuk Pertemuan ini merupakan satu-satunya yang berdiri. Kalau mungkin dikatakan gubuk, kami merasa bangunan ini bukan sekedar gubuk karena melihat bentuk bangunan yang demikian megahnya. Bantuan ini murni dari PT. Dupont dan tidak melibatkan dinas terkait ataupun bantuan swadaya dari gapoktan itu sendiri.
Gubuk pertemuan ini ditempatkan di lapangan bola ,ditengah lahan sawah Desa Pakel, disisi sebelah barat menghadap ke lapangan (timur). Hal ini dilakukan karena dimungkinkan bangunan gubuk pertemuan ini bisa dimanfaatkan secara serbaguna. Pesan dari pihak Pioneer, Kepala Desa, maupun dari Dinas terkait agar gubuk pertemuan ini dijaga keberadaannya dimanfaatkan semaksimal mungkin yang terutama untuk kegiatan pertanian Desa Pakel. Adapun  fungsi yang lainya karena berada di lapangan bola bisa jadi fungsi tambahan.
Kami dari penyuluh pertanian kecamatan Ngantru berharap tidak hanya di Desa Pakel yang bisa menjadi MAP dari pioneer, tetapi dapat  berakar di desa yang lain di Kecamatan Ngantru. Kami mengharapkan adanya kerjasama seperti ini karena antara petani, dinas terkait dan pihak ketiga seperti pioneer ini merupakan satu rangkaian yang utuh yang jika bekerjasama dengan baik  bisa meningkatkan produktifitas pertanian di suatu daerah sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan seluruh keluarganya.
Semoga dengan adanya sarana gubuk pertemuan tani ini semakin mengukuhkan gapoktan Tani Mulyo Desa Pakel Kecamatan Ngantru menjadi gapoktan yang lebih berdaya guna dan bermanfaat bagi keberhasilan pertanian Desa Pakel Kecamatan Ngantru.

0 komentar:

Posting Komentar