Jumat, 01 Juni 2012

MANFAAT DAUN PANDAN



D
aunnya hijau muda mengkilap, panjang seperti pita dengan tulang daun ditengah, tepinya bergerigi tajam pada daun yang tua. Fungsi utamanya sebagai pemberi aroma atau flavoring tanpa efek warna yang kuat.  Sebenarnya daun pandan dapat memberikan  warna hijau dengan cara menumbuk dan memeras airnya tetapi warnanya tidak sekuat daun suji. Warna netral, efek rasa yang lembut dan wangi tidak merusak cita rasa bahan utamanya sehingga banyak digunakan untuk aroma pada hidangan.
Untuk pengharum kue pilih daun yang tidak terlalu tua atau muda. Potong kasar atau sobek-sobek daun pandan agar aroma pandan lebih kuat dibandingkan jika utuh. Aroma pandan mudah menguap, sehingga untuk menjaga agar masakan tetap beraroma maka penambahan daun pandan ke dalam masakan dilakukan sesaat sebelum adonan diangkat dari perapian.
Selain pemberi aroma makanan, daun pandan dapat digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Irisan daun muda dicampur bunga mawar, melati, cempaka dan kenanga dapat dipakai  sebagai pengharum. Daun pandan iris juga digunakan untuk campuran bunga rampai.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

di daerahku daun panda banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan tikar,apa pandan itu brow yang dimaksud

BPP NGANTRU mengatakan...

bukan, ini untuk masakan saja

Posting Komentar